in ,

Tips Mendapatkan Pembiayaan untuk Pengembangan Usaha

Tips Mendapatkan Pembiayaan. Setiap pelaku usaha, baik skala besar, menengah, apalagi mikro dan kecil, tentu berharap usahanya terus berkembang. Dari mikro menjadi kecil, dari kecil jadi menengah, besar, hingga jadi gurita bisnis. Namun terkadang rencana bisnis pengembangan tersebut terhambat modal yang terbatas. Solusi penambahan modal bisa dari investor baru atau dengan mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan seperti perbankan.

Tentu mengajukan pinjaman ke perbankan tak semudah membalik telapak tangan. Ada berbagai prosedur yang harus dilewati supaya pinjaman disetujui. Hal ini wajar karena bank atau lembaga keuangan lainnya ingin memastikan uang yang dipinjamkan mampu dikembalikan oleh si peminjam.

Tips Mendapatkan Pembiayaan Usaha

Berikut tim Karanganyar News berhasil menghimpun beberapa tips mengajukan pinjaman yang diambil dari berbagai sumber :

  1. Pastikan kamu mengetahui dengan pasti tujuan mengajukan pinjaman. Jangan sampai tidak tahu menahu saat ditanya untuk apa memimjam uang.
  2. Siapkan segala dokumen dengan baik. Mulai surat izin pendirian usaha, data diri seperti kartu tanda penduduk, kartu keluarga, hingga surat keterangan domisili dari pemerintahan setempat.
  3. Alangkah baiknya jika kamu punya laporan keuangan usaha. Meski sederhana, paling tidak bisa menunjukkan bahwa usaha yang kami geluti punya prospek menjanjikan.
  4. Pilihlah lembaga keuangan yang bonafid. Hal ini penting agar kamu tidak terjebak penawaran kredit mudah tapi dengan bunga mencekik leher. Selain itu, lembaga keuangan bonafid biasanya memberikan bantuan bimbingan usaha.
  5. Saat mengajukan berkas atau proposal, bersikaplah tenang dan percaya diri. Jawab setiap pertanyaan petugas bank dengan jelas dan lancar.
  6. Selalu siap jika sewaktu-waktu petugas bank mengagendakan kunjungan lokasi. Hal ini penting untuk memastikan usaha kamu benar-benar ada dan berjalan.
  7. Jangan menutupi kekurangan usaha. Lebih baik jujur dan terus terang di awal agar ada solusi bagi pengembangan usaha kamu.
  8. Dan yang paling penting, jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar permohonan pengajuan utang kamu diterima.

Memang lebih tenang jika kita bisa menyediakan uang sendiri untuk pengembangan usaha. Namun jika modal kita terbatas, jangan lantas menyerah. Cari jalan keluar untuk mengembangkan usaha, salah satunya mengajukan permohonan pinjaman.

Sudah banyak cerita sukses dari pengusaha besar yang berawal dari usaha kecil, lalu mendapat pembiayaan dari bank, hingga kini punya modal sendiri yang relatif besar untuk pengembangan usaha.

Jika sudah mendapat kucuran permodalan, gunakan secara bijak dan betul-betul untuk pengelolaan bisnis. Sehingga bisnis kamu makin berkembang, pinjaman bisa dikembalikan dan ke depan lebih dipercaya lagi oleh perbankan. Selamat berwira usaha.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
Wisata Karanganyar

Tips Berwisata Aman dan Nyaman

Desa Karanganyar

Desa Berprestasi di Bumi Intanpari