in ,

Isi Ramadan dengan Kegiatan Bermanfaat

Lebaran Karanganyar

Bulan puasa segera menjelang. Umat muslim di seluruh dunia bersiap menyambutnya dengan suka cita. Tak terkecuali umat muslim di Karanganyar. Ada banyak cara untuk memaknai Ramadan agar tak sekadar lewat tanpa bekas keimanan.

Biasanya masjid-masjid banyak mengadakan kegiatan mengisi Ramadan seperti pengajian, membaca Al Quran, buka bersama, hingga kegiatan sosial. Kita bisa mengikuti semuanya atau salah satunya sesuai waktu yang kita miliki.

Sebagai kabupaten yang mencirikan religious, Karanganyar tentunya disemarakkan dengan berbagai kegiatan selama Ramadan. Menilik pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang rutin diselenggarakan saat Ramadan seperti pawai menyambut Ramadan.
Pawai ini diikuti berbagai elemen masyarakat dengan menyusuri jalan protocol di karanganyar. Tujuannya mengingatkan segenap masyarakat bahwa Ramadan sudah hampir tiba dan sesegera mungkin menyiapkan diri.

Lalu ada tarawih keliling yang rutin dilaksanakan jajaran pejabat pemerintahan Karanganyar yang dimotori oleh Bupati Juliyatmono dan Wakil Bupati Rohadi Widodo. Tarawih dilakukan secara bergiliran di seluruh atau sebagian besar wilayah di Karanganyar. Sehingga sekaligus bisa mendekatkan antara pemimpin dengan rakyatnya.
Kemudian tak lupa ada pengajian akbar memperingati Nuzulul Quran, yang biasanya mengundang penceramah atau dai tingkat nasional. Sehingga masyarakat semakin bersemangat untuk menghadiri dan memaknai arti Nuzulul Quran.

Mendekati akhir Ramadan, diadakan pengumpulan zakat fitrah yang dikoordinasikan oleh badan amal zakat Karanganyar. Zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

Dan terakhir, sholat idul fitri yang sekaligus menjadi perayaan atas keberhasilan umat muslim melewati Ramadan dengan penuh kekhusukan. Harapannya segala perbuatan baik, tingkah laku lemah lembut, kedermawanan, dan tindakan terpuji lainnya tetap terjaga hingga tiba Ramadan berikutnya. Amin ya Robbal alamin.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
survey-baseline

Karanganyar Realisasikan Program HAMP 2017

Lebaran

Lebaran Dongkrak Ekonomi Karanganyar