in

Gurihnya Bisnis di Musim Pilkada

Perhelatan pesta demokrasi mampir di Karanganyar. Masyarakat bumi Intan Pari pun ikut merasakan meriahnya gelaran pemilihan kepala daerah secara langsung pada 2018. Sebab tahun ini akan dilangsungkan pilihan kepala daerah periode 2018-2023.

Secara bisnis, musim pilkada juga menjadi ajang meraup rezeki bagi sebagian pebisnis. Baik yang sudah kawakan atau yang sekadar ingin coba-coba. Mumpung belum terlambat, berikut kami ulas sebagian bisnis yang layak diseriusi di saat pesta demokrasi.

  1. Percetakan atribut kampanye

Kampanye identik dengan atribut yang beraneka ragam. Mulai kaos, spanduk, standing banner, stiker, bendera partai, sampai aksesoris lainnya. Kamu bisa mulai menawarkan kemampuan kamu memproduksi beragam atribut kampanye. Dengan harga bersaing, mungkin kamu bisa mendapat order membuat sekian ribu kaos atau sekian ribu spanduk.

  1. Jasa pengerahan massa

Kampanye juga lekat dengan pengumpulan massa. Tidak afdol rasanya jika kampanye hanya berdiam diri di gedung atau di kantor partai. Umumnya para pendukung lebih senang saat berkumpul di lapangan terbuka, mendengarkan orasi juru kampanye, bertemu calon yang didukung dan tentunya menantikan hiburan.

Meski bisa menarik massa, tetap saja butuh seorang koordinator yang membawa sekian massa ke lokasi kampanye. Jika kamu punya koneksi ke tim sukses calon yang bersangkutan, kamu bisa mencoba menawarkan jasa pengerahan massa untuk membuat kampanye terbuka makin semarak. Terutama di daerah dimana calon tersebut kurang didukung masyarakat sekitar.

  1. Event organizer

Dalam acara-acara kampanye terbuka, biasanya ada hiburan bagi para pendukung. Utamanya berupa hiburan musik dengan menghadirkan artis lokal atau nasional. Kalau kamu punya kemampuan mengelola acara, kamu bisa mengajukan diri sebagai penanggung jawab kepada tim sukses.

Atau bisa juga acara kampanye lainnya seperti penanaman pohon bersama, kampanye di pasar, dan sebagainya. Kamu bisa berperan sebagai penanggung jawab acara.

Sekian tips dari kami. Semoga bermanfaat.