Menu
in

Bunga Sedap Malam di Mancanegara

Sesuai namanya, bunga dengan nama latin Polianthes Tuberosa ini mengeluarkan aroma wangi paling kuat di malam hari, berbeda dengan bunga-bunga lain. Sedap malam berasal dari Meksiko dan sering dipergunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikannya bangsa Aztec. Bunga ini lantas dibawa ke Eropa pada tahun 1530 dan tersebar ke penjuru dunia pada abad ke-16.

Tidak adanya cahaya dan kondisi malam hari merangsang sel-sel bunga sedap malam untuk mekar dan mengeluarkan wanginya. Aktivitas ini kerap disebut niktinasti, diambil dari kata ‘nyktos’ yang berarti malam. Nah, agar bisa mengeluarkan wangi yang maksimal, tumbuhan sedap malam harus terkena cahaya matahari setidaknya selama 6 jam. Wangi bunga ini akan semakin kuat ketika satu batang sedap malam yang berisi sekitar 30 bunga mekar dengan bersamaan. Uniknya, setiap pentolan bunga sedap malam yang bunganya sudah mekar dan mengeluarkan wanginya tidak akan bisa berbau lagi di kemudian hari. Bunga itu akan segera mati dan digantikan oleh bakal bunga lain. Inilah alasan bunga sedap malam lebih wangi di malam hari.

Bunga sedap malam banyak dicari karena aromanya yang wangi dan tahan lama, bahkan setelah dipotong tangkainya. Tampilan bunga sedap malam berbentuk bintang berwarna putih dengan daun memanjang berwarna hijau muda. Sedap malam dapat tumbuh sepanjang tahun pada bulan Februari hingga Oktober, dengan ketinggian hingga 45 cm.

Sumber:Hijaukan.com

Di India, bunga yang disebut ‘Rajanigandha’ ini dikatakan mempunyai nektar yang bisa memberikan kekuatan dan kemampuan magis pada siapa saja yang menghirupnya. Berdasarkan beberapa penelitian, wangi bunga sedap malam bisa memberikan suasana relaksasi bagi manusia, termasuk meningkatkan daya kreatifitas.

Diperkirakan ada sekitar lima belas spesies dengan genus Poliantes, menurut laporan dua belas spesies berasal dari Mexico dan Amerika tengah. Dari jumlah tadi, sembilan spesies memiliki bunga putih, satu berwarna putih dengan merah dan dua berwarna merah. Kecuali Polianthes tuberosa L., semuanya ditemukan tumbuh di alam liar. Ada empat tipe sedap malam yang dinamakan berdasarkan jumlah kelopak yang dimiliki setiap bunga, yaitu bunga dengan hanya satu baris mahkota bunga atau disebut single. Lalu ada yang dinamakan dengan semi-doubledouble dan yang variegata.

Bagikan Berita:

Leave a Reply

Exit mobile version